24 Juni 2024

LUKW UNITOMO

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Unitomo

14 Wartawan Malang Ikuti UKW Unitomo di NK Cafe, 1 Dinyatakan Tak Lulus

Kabupaten Malang, beritalima.com | Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kembali menggelar UKW untuk jenjang muda selama 2 hari, yang dilaksanakan pada Sabtu – Minggu (4-5 November 2023) di NK Cafe Karangploso Kabupaten Malang.

“Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta jenjang muda dari berbagai media online yang ada di Malang. Yang awalnya, peserta terjaring 22 karena tak lolos administrasi akhirnya tinggal 14 peserta,” ungkap Santoso Ketua penyelenggara UKW Mandiri Wartawan Malang kepada awakmedia Minggu.
Menurutnya, UKW Mandiri ini merupakan kegiatan pertama kali, yang dilaksanakan Lembaga UKW Unitomo di Malang. Yang sebelumnya pada angkatan 1 hingga 4 dilaksanakan di kampus Unitomo.

“Agar ada suasana baru, kami penyelenggara UKW Mandiri Malang mengundang langsung dan menghadirkan LUKW Unitomo di NK Cafe, ujian sambil wisata, agar lebih fresh,” ungkap yang juga alumni angkatan 1 LUKW Unitomo wartawan utama.

“Saya juga berterima kasih kepada pihak Universitas Dr Soetomo dan para penguji yang sudah membimbing rekan-rekan semua. Terima kasih juga untuk NK Caffe yang telah menyediakan fasilitas pelaksanaan UKW. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu atas terlaksananya UKW” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur II LUKW Unitomo Kanti Wijoyo berpesan agar peserta setelah lulus tetap bisa menjaga marwah sebagai jurnalis yang kompeten.

“Ketika sudah dinyatakan kompeten dan menerima kartu, saya harapkan untuk jangan pernah menggunakan seragam dengan logo mirip instansi tertentu, Itu tidak perlu. Cukup Kartu UKW dari Dewan Pers saja sudah cukup. Untuk menghindari masalah dikemudian hari,” ungkap Kanti Wiyoto.

UKW angkatan ke-V ditutup oleh Wakil Direktur I Lembaga UKW Dr. Soetomo Machmud Suhermono yang didampingi oleh Wakil Direktur II LUKW Unitomo Kanti Wiyoto.

Sebelum menutup UKW, Mahmud Suhermono mengingatkan kembali kepada para peserta UKW tentang pentingnya Undang undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, PPRA (Pedoman Pemberitaan Ramah Anak) dalam setiap pemberitaan agar tidak terjebak jeratan hukum di kemudian hari.

“Selamat bagi para peserta yang telah dinyatakan kompeten. Pesan saya, jaga marwah, dan selalu bersikap independen. Apalagi menjelang pemilu, pasti akan ada tarik sana sini. Wartawan dituntut independen dalam setiap pemberitaan, seperti yang disebut di Kode Etik Jurnalistik Pasal 1. Dengan ucapan alhamdulillah, UKW angkatan ke-V Unitomo secara resmi ditutup,” ungkap Machmud.

Dalam pelaksanaan UKW angkatan ke-V tersebut, dari 14 peserta yang mengikuti UKW jenjang muda, 13 peserta dinyatakan kompeten. [Usamah]

Kirim Pesan
Hubungi UKW Unitomo
Terimakasih sudah mengunjungi kami, silakan lanjut ke chat untuk info UKW UNITOMO lebih lanjut.