11 Juli 2024

LUKW UNITOMO

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Unitomo

Lembaga UKW Unitomo Siap Mencetak Wartawan Berkompeten

UKW Unitomo News – Lembaga Uji Kompetensi Wartawan  (UKW) Universitas  Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya siap mencetak wartawan yang memiliki kompetensi, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia pers di Indonesia.

“Seperti kita ketahui, di Universitas Dr Soetomo memiliki Fakultas Komunikasi yang cukup tua, sehingga dengan adanya ToT ini, Unitomo siap untuk mencetak watawan-wartawan yang berkompetan, baik tingkat muda, madya maupun utama,” ujar Rektor Unitomo Surabaya Dr Siti Marwiyah SH, MH, saat pembukaan ToT (Training of Trainee) calon penguji, di Lembaga UKW Unitomo, di Surabaya, Sabtu (11/12/2021).

Jamalul Insan dari Dewan Pers menyerahkan SK Lembaga UKW Unitomo diterima Rektor Unitomo

Dikatakan Rektor Siti Marwiyah, dari data yang ada di Dewan Pers, Lembaga UKW Unitomo merupakan lembaga UKW ke 30 yang ada di seluruh Indonesia.  Dari 30 lembaga UKW ini, hanya sekitar 18 Lembaga UKW yang berperan aktif untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan UKW, guna menyeleksi wartawan yang memiliki kompetensi.

“Karena itulah, Lembaga UKW Unitomo Surabaya siap untuk menjadi Lembaga UKW yang ke 19 untuk berperan aktif menyelenggarakan kegiatan UKW,” ujar rektor perempuan yang juga adik kandung Menko Polhukam Mahfud MD ini.

Keyakinan Rektor Siti Marwiyah ini, didasari karena Unitomo memiliki Fakultas Komunikasi yang sudah cukup tua dan telah melahirkan ribuan wartawan yang menyebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu,  Dekan Fakultas Komunikasi yang baru, Dr Harliantara, MSi diharapkan juga menjadi harapan baru, serta kesiapan dari Lembaga UKW Unitomo yang dikomandari Drs Eko Pamuji MIKom yang saat ini menyelenggarakan ToT pertama.

Harapan senada juga disampaikan Jamalul Insan dari Dewan Pers yang ikut hadir dalam pembukaan ToT Lembaga UKW Unitomo. Menurut Jamal, panggilan akrab Jamalul Insan,  kehadiran Lembaga UKW Unitomo yang merupakan lembaga UKW ke 30 ini, bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia pers di Indonesia.

Sementara Eko Pamuji, Direktur Lembaga UKW Unitomo dalam laporannya menyampaikan, ada 11 peserta  calon penguji Lembaga UKW Unitomo yang mengikuti ToT saat ini. Selain itu juga ada 6 peserta calon administrator Lembaga UKW Unitomo, yang terdiri dari karyawan dan dosen Unitomo.

“Untuk calon penguji Lembaga UKW Unitomo ini diikuti 11 wartawan senior yang sudah bersertifikasi UKW Utama dari berbagai media yang ada di Jawa Timur,” ujar  Eko Pamuji yang juga Sekretaris PWI Jawa Timur ini.

Eko Pamuji berharap, nantinya dari Lembaga UKW Unitomo ini bisa menghasilkan wartawan-wartawan berkompeten, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi dunia pers di Indonesia.

Adapun 11 peserta calon penguji Lembaga UKW Unitomo tersebut adalah Sokip SH MH (Pemred Koran PETISI/petisi.co), Drs Syaiful Anam (Pemred Jatim Pos), Ir Arif Sosiawan (Pemred Memorandum), Muhkhamad Kaiyis (Harian Duta), Wijayanto (Radar Surabaya), Eko Nurcahyo, Ferry Is Mirza, D Mahyjoe Karyanto, Sunarvip Ra Indra,  MA Jabir, Kundari Pri Susanti.

Sedang pematerinya, selain Jamalul Insan dari Dewan Pers juga ada Drs Mahmud Suhermono MIP, MIKom wartawan utama yang juga dosen Unitomo dan Drs H Joko Tetuko wartawan utama dari PWI Jatim.

Sumber : petisi.co

Kirim Pesan
Hubungi UKW Unitomo
Terimakasih sudah mengunjungi kami, silakan lanjut ke chat untuk info UKW UNITOMO lebih lanjut.